Monday, June 10, 2013

OLAHRAGA RENANG

MENGENAL MACAM GAYA RENANG

 
Mengenal macam Gaya Renang atau berenang yang merupakan info menarik dalam hal mempelajari cara berenang dengan teknik olahraga dengan gaya renang yang tepat sangat penting karena selain dapat meningkatkan percaya diri seseorang ketika berada dalam air, juga dapat memberikan kegiatan mengisi waktu yang menyenangkan.
Ada empat gerakan dasar dalam gaya renang: gaya bebas, gaya punggung, gaya dada, dan gaya kupu-kupu. Setiap gerakan memiliki gerakan khusus yang harus dikuasai jika ingin menjadi perenang hebat.

gaya-renang

Anda pasti tahu kan berenang itu ada dalam berbagai gaya dan setiap gaya itu mempunyai tekniknya sendiri-sendiri.
1. Gaya Dada
Renang dengan menggunakan gaya dada bila dilihat dari segi kecepatan. Gaya ini adalah teknik renang yang paling mudah untuk kita pahami serta kita praktikkan. Gaya ini juga disebut gaya katak karena cenderung lebih lambat dibandingkan gaya renang lainnya seperti gaya bebas serta gaya punggung. Untuk itu, Anda harus tahu dulu mengenai teknik yang dipakai dalam renang gaya dada.
a. Gerakan Kaki
Artikel renang juga membahas gerakan kaki dalam gaya dada, yaitu sebagai berikut.
Pertama kaki Anda tekuk lalu lutut Anda tekuk serta bengkokan.
Lalu luruskan kedua kaki Anda dengan posisi yang terbuka (jarak antara kaki satu dan kaki lainya harus diperhatikan dengan baik).
Kali ini kaki dirapatkan namun masih dalam posisi kaki yang lurus (dekatkan kedua kaki Anda sampai telapak kaki Anda keduanya saling bersentuhan satu sama lain).
Terus Anda ulangi langkah diatas secara berurutan.
Kesimpulannya, gerakan kaki yang ada dalam renang gaya dada yaitu kaki ditekuk, kaki diluruskan, lalu kemudian kaki dirapatkan kembali.
b. Gerakan Tangan
Untuk tahap paling awal, letakkan kedua tangan di atas kepala (usahakan antara telapak tangan yang kiri dan kanan itu saling menempel satu sama lain).
Lalu tarik tangan ke arah samping kanan lalu ke samping kiri. Tarikan yang Anda lakukan tidak usah terlalu lebar cukup hanya selebar bahu saja.
Tangan kembali Anda luruskan.
Terus Anda ulangi langkah-langkah di atas secara berurutan.
Kesimpulannya dari teknik gerakan tangan yang ada di gaya renang dada, yaitu tangan diluruskan di atas kepala, lalu gerakkan tangan ke samping kanan dan ke samping kiri secara bergantian.
c. Gerakan Kombinasi Tangan, Kaki, dan Mengambil Napas
Gerakan yang dilakukan tangan dengan kaki dilakukan secara bergantian. Saat tangan Anda bergerak ke arah kanan dan ke arah kiri adalah saat untuk pengambilan napas. Lalu kepala mendongak ke atas untuk mengatur napas. Jadi, Anda harus bisa mengombinasikan antara gerakan dan cara pengambilan napas saat berenang.
Gaya renang dengan gaya dada terdiri dari dua jenis, pertama adalah gaya dada distance-swimming serta gaya renang dada yang kedua itu untuk sprint. Gaya renang dada distance swimming lebih menonjolkan kecepatan dalam berenang, sedangkan gaya renang dada sprint lebih menonjolkan dalam menghemat energi yang dimiliki.
Di antara kedua jenis gaya renang dada ini adalah saat mengeksplorasi pada saat meluncur, tepatnya saat tubuh sedang dalam keadaan streamline. Kedua kaki dibiarkan lurus dengan jarak yang rapat, gerakan tangan rapat menjulur lurus ke arah depan, serta posisi kepala di dalam air disertai dengan pandangan ke arah dasar kolam.
Bila melakukan aktivitas renang dengan gaya dada sprint, meluncur adalah hal yang tidak diperlukan dalam gaya ini. Namun untuk renang gaya dada yang dilakukan pada distance-swimming, Anda sangat merasakan asiknya luncuran. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan sensasi yang dahsyat. Hal ini juga dapat membuat Anda santai terhindar dari rasa lelah karena menghemat energi.
2. Gaya Punggung
Saat sedang mempraktikkan renang dengan gaya punggung, maka posisi saat berenang adalah bagian tubuh, yaitu punggung menghadap ke bagian permukaan air. Agar mudah dalam mengatur napas, posisi wajah Anda di atas permukaan air .Tapi berenang dengan gaya punggung tidak bisa melihat ke depan, melainkan hanya bisa melihat ke atas. Apabila ada perlombaan, perenang menjadikan hitungan dari gerakannya untuk dapat mengetahui ujung kolam renang tersebut.
Gerakan tangan maupun gerakan kaki yang ada di gaya punggung ini sama dengan gaya renang bebas. Hanya saja pada gaya renang punggung, posisi tubuh kita itu terlentang di permukaan air. Gerakan dari kedua tangan di pinggang bagaikan orang yang sedang mendayung ini adalah dari gerakan tangan yang dilakukan secara bergantian. Untuk pengambilan napas, Anda bisa menggunakan mulut ataupun hidung karena mulut dan hidung posisinya ada di luar.
Sewaktu berlomba, berbeda dari sikap start perenang gaya bebas, gaya dada, dan gaya kupu-kupu, yang semuanya dilakukan di atas balok start, perenang gaya punggung melakukan start dari dalam kolam. Perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua belah tangan memegang besi pegangan. Kedua lutut ditekuk di antara kedua belah lengan, sedangkan kedua belah telapak kaki bertumpu di dinding kolam.
3. Gaya Kupu-Kupu
Berenang dengan teknik yang posisi dada menghadap ke arah permukaan air adalah renang dengan menggunakan gaya kupu-kupu. Kedua belah lengan kanan dan kiri ditekan ke bagian bawah secara bersamaan serta gerakan ke arah luar sesaat akan diayun ke arah bagian depan. Renang gaya kupu-kupu cukup menguras waktu untuk bisa menguasainya, dimulai dari teknik gerakan tangan dan kaki yang akan dikombinasikan menjadi satu perpaduan. Pemula menganggap gaya kupu-kupu merupakan gaya tersulit untuk dipelajari

No comments:

Post a Comment